Kamis, 20 September 2012

My First Day


Edisi 20, Sept 2012.

Pagi yang cerah, untuk kawasan hang Tuah Palu Timur, dengan sinar mentari yang malu-malu terbit dari balik bukit Shofa di Depan Kos-kosanku. Saat itu aku baru saja selesai menjemur pakaian yang baru kucuci. Hmmm.. Terang saja aku memag selalu mengerjakan aktivitas ini setiap hari, karena tak terjamin di hari Minggu aku punya waktu untuk melakukannya.

Susu coklat manis plus Cereal coco cruch menemaniku di saat yang mepet seperti ini, ala anak kos-kosan. Bagaimana tidak. Jika biasanya aku bebas mengerjakan semua pekerjaan rutin ini sebelum aktivitas kampus yang di mulai pukuk 12.00 atau 14.00. Mulai pekan ini aku harus menyelesaikan segalanya sebelum pukul 06.30. Hingga kemudian aku berangkat ke tempat kerjaku. Aku tak ingin berlama-lama menyebutnya tempat kerja karena ini adalah salah satu awal untuk menyalurkan salah satu kekuranganku ke tempat yang sebenarnya. Kata teman-teman aku seorang yang sangat cerewet. maka aku berfikir untuk membuatnya bermanfaat bagi orang lain. salah satunya menjadi penyiar radio. Yaahh, jika seorang yang pendiam bersedia menjadi pendengar saat kita bicara, maka kita yang sebagai orang cerewetpun harus bersedia menjadi pembicara saat ia mendengar. dengan bahan pembicaraan yang positif bermanfaat dan tak merugikan orang lain.

Hapeku berdering, SMS dari rekan kerja yang mengingatkanku akan jadwal hari ini. Aku harus membawa program KABAR PAGI di Radio Suara Pendidikan Rakyat (SPR) pukul 07.00-10.00. Itu berarti aku harus berada di sana paling lambat 06.45.
Pekerjaan di Kosku selesai, dan saatnya aku menuju ke tempat kerja. Setelah berhasil menghidupkan si biruku, aku mulai melaju pelan menelusuri Lorong demi lorong hingga sampai ke Jalan besar. Hang Tuah. Sebelumnya saat aku berada di depan rumah salah satu murid privatku, aku bertemu dengan Ayahnya. Tak ragu langsung ku sapa beliau.

“Assalamu’alaikum Pak. Selamat Pagi” Sapaku dengan senyum yang tertutp oleh maskerku saat itu.
“Wa’alaikumsalam, wah Pagi sekali, Dek. Mau kemana?”Jawabnya kaget melihatku hampir berlalu di belakangnya.
“Kerja Pak”Jawabku dengan nada agak keras hampir berteriak, karena jarak sepeda motorko sudah sedikit jauh dari tempatnya berdiri. Tampak senyum pekat dari seorang Bapak yang penuh tanggungjawab atas keluarganya. Jadi teringat sosok sang Ayah yang tegar dan kuat di seberang lautan sana. Oh Bapak Syamsul Bachri S.Apok idolaku, bagaimana kabarmu di sana?

Keluar dari lorong bukit sofa, aku dan si biru melaju melalui Hang Tuah dengan sedikit cepat karena waktu menunjukkan 06.28. Aku tak mau terlambat di Program pertama di pagi ini. Tampak di perempatan masih belum ada Bapak/Ibu polisi yang biasanya berdiri memastikan arus lalu lintas di jalan itu. Mungkin aku merindukannya. Yah ternyata memang jam segini mereka belum di sana. Bagaimana aku tak mencari mereka, selalu saja setiapku melewati perempatan ini aku selalu menurunkan maskerku hingga sang polisi dipastikan mendengar perkataanku. Aku berharap dengan sedikit kalimat “Selamat pagi pak, selamat bertugas” dapat membuat mereka sedikit terkecoh bahwa aku adalah salah satu pelanggar lalu lintas itu. hhhmmm karena memang, pendapat umum saat ini, bahwa bagi yang melakukan pelanggaran akan ragu dan bahkan takut melewati polisi di jalanan, untuk itu akau balik saja anggapan itu. Sebenarnya ini rahasia. Tapi jariku tak kuasa untuk tak menuliskannya.

Tepat sebelum perempatan tadi, sekilas aku melihat Mahasiswa Baru Kampus STMIK Bina Mulya Palu, tampak sibuk dengan OSPEKnya. Melihat rekan-rekan BEM yang membalas anggukan kepalaku, aku kembali teringat dengan Amanah BEM STIFA yang sampai saat ini belum terselesaikan. Seraya memohon kepada Allah agar aku diberi kekuatan untuk merobohkan tembok pemikiran yang keras bahwa organisasi tak terlalu penting untuk kuliah. Aamiin Ya Rabb.

Hampir jauh dari awalku memulai perjalanan, aktivitas pagi di kota Palu sangat menarik. Sudah hampir 5 bulan lebih aku tak lagi berpapasan dengan kendaraan para siswa-siswi dan PNS yang sedang bersiap-siap ke sekolah juga ke kantor mereka. Bahkan ada beberapa tempat sarapan pagi yang unik yang ku temukan di Jalanan, antara lain Penjual Nasi kuning di Jalan Suprapto, dan Penjual Bubur ayam dan Bubur Manado di pertigaan Jl. S. Dolago dan St. hasanudin. Awal yang baik untuk memulai pagi ini. Ya, Man Jadda Wa Jadda.

Pos polisi di Lampu merah St. Hasanudin masih tampak sepi, masih ku ingat sosok seorang polisi (Aku lebih enak memanggilnya OM ICI) yang menggeleng pelan, saat memergokiku sedang melaju di trotoar jembatan saat itu. bagaimana tidak trotoar yang seharusnya bagi pejalan kaki ku lalui dengan si biruku. Tapi sang Om Ici tersebut hanya berani tersenyum katika mengetahui aku hanya mengikuti atraksi liar dari rekannya yang sesama polisi juga melakukannya. Boomerang dong yah.

Memasuki Kawasan Palu Plaza, aku belok ke kiri di perempatan kedua, tak lama lagi aku sampai ke kantor. Hampir pukul 07.00 Radio di pagi ini belum On Air. Belakangan ku tahu ternyata rekan yang selalu meng-ON-kannya baru saja pulang dari tempat koran langganan kami sesaat sebelum aku tiba. Ia baru menghidupkannya saat aku baru memasuki studio, Alhamdulillah dapat ilmu lagi tentang bagaimana menghidupkannya, tapi tentu saja masuh perlu belajar lagi. Aku sibuk bolak-balik mencari-cari koran edisi hari ini tapi belum juga kutemukan. Akhirnya rekanku itu menjelaskan bahwa ia baru saja datang dari tempat koran langganan kita dan tak ada hasil apa-apa akibat orangnya masih tidur. Waah, sangat menyakitkan memang, ketika kita sudah membuat janji lalu itu diingkari, apalagi masalah on time. Lelet. tradisi yang masih kental dan harus di cairkan secepatnya. Menarik nafas panjang, berharap tak ada masalah yang lain akan timbul akibat hal ini. Dengan keyakinan bersama kesulitan ada kemudahan, ku tatap seluruh ruangan dengan senyuman terindah, kusambut koran edisi kemarin dan mulai kucari berita yang masih hangat untuk edisi hari ini.

Coba kutandai satu per satu, mana berita yang harus ku baca sebentar. Bismillah.
“Assalamu’alaim Wr. Wb. Selamat pagi sahabat rakyat. Senang sekali pada edisi hari ini kami hadir kembali untuk memberikan informasi dan kabar terbaru di ruang dengar anda, apalagi kalau bukan di program Kabar pagi di Pukul 7 hingga 10 nanti bersama Meydi Shafwah di radio kesayangan kita semua 91,6 FM The station voice of the people. Baik sahabat rakyat, bagaimana kabar anda pagi ini? Meydi berharap sehat yah untuk bisa menjalani aktivitas yang sudang di planingkan semalam. Buat sahabat rakyat yang sedang bersiap-siap menuju tempat kerja meydi ucapkan selamat jalan dan selalu berhati-hati karena maut mengintai anda, pastikan anda mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan helm yang anda gunakan adalah SNI tak lupa perlengkapan surat kendaraan bermotor, hingga tak ada alasan bagi Polis untuk menilang anda yang tentunya itu akan mengganggu perjalanan anda. Baik sahabat rakyat, satu buah lagu di awal perjumpaan kita di pagi yang cerah ini, semoga memberikan suntikan semangat positif untuk kita semua. Dengan RUN “SEMANGAT PAGI”. Cek it out.

Alhamdulillah. Sedikit lega, pembuka yang cukup menegangkan. Segera ku search lagu-lagu ter-hits pekan ini. Memang aku mengakuinya, tak update dengan lagu-lagu seperti ini. Tapi, ini tuntutan profesi. Semoga Allah meridhainya. Bertindak selaku penyiar profesional, aku bersusaha mengakrabkan diri dengan microphone, headphone, amply dan seperangkat komputer di depanku. Mengutak atik beberapa album lagu dan mencari berita-berita terupdate di internet.

Kerjaku di awal hari itu sungguh menegangkan dan membutuhkan konsentrasi yang lebih. Alhamdulillah setelah beberapa sessi aku mulai lancar dengan beberapa alat asing di hadapanku ini. Ya, Man Jadda wa Jadda, aku selalu percaya itu.

Hingga akhinya, seorang penyiar senior menegurku tentang tempo masuk bicara dan lagu saat masuk, yah aku memang belum terlalu mengerti tentang itu. Yups, satu pelajaran baru lagi hari ini. Alhamdulillah. Aku bertekad untuk bersungguh dan mencoba enjoy dengan pekerjaan ini. Sedikit teguran itu jujur sedikit membuatku terbebani, tapi coba kusembunyikan darinya. Hingga akhirnya perasaanku lega ketika segelas teh hangat datang bersama Kak Lulu seniorku itu. wah dia memang baik. Akhirnya aku mulai terbiasa. Juga terimakasih buat kak amar yang membantuku mengambilkan kembali koran edisi hari ini. Akhirnya aku tak membohongi sahabat rakyat tentang berita hari ini, bahwa benar-benar adalah berita di hari ini. Catatan hari ini, sangat bermanfaat buatku. Tentang Janji yang diingkar, Komitmen waktu, Latihanlah ! maka akan terbiasa dan Hadirkan segelas teh hangat untuk mencaikan suasana.

Sudut Ruang Rumah Cahaya. Kamis, 20 September 2012.13.50-15.04
Catatan Meydi Shafwah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar